Akhir pekan kemarin kami melancong ke Melaka. Kebetulan keluarga dari Bandung datang ke Johor. Subhanallah....ternyata lebih panas dari Johor dan Jogja. Kata mamah sih kayak di Padang Arafah. O iya, Bang Halim telah berbaik hati meminjamkan Nokia 5800nya sebagai GPS. Thanks Bang. May Allah bless you & your family.
Mbak 5800 ini rada ngaco. Masa masih di Tampoi, Johor Si Mbak ini udah bingung. Harusnya pas ketemu Jl. Tampoi kita belok kiri, kata si Mbak malah belok kanan. Kami nurut aja. Eh gak tahunya kita disuruh u-turn. Wue he he....alhasil kami lewat Damansara Aliff aja.....si Mbak jadi bingung deh...."We're calculating...."
Alhamdulillah kami juga bawa kartu Celcom buat lihat map lewat Google Map. Jaga-jaga aja klo Si Mbak mulai ngaco. Johor-Melaka tuh 300-an km, di Lebuhraya Utara-Selatan maksimum kecepatannya 110 km/jam, jadi waktu tempuhnya kurleb 3 jam. Fisika banget....
Di Melaka ini banyak tempat wisata. Keluar dari lebuhraya ke Toll Plaza Ayer Keroh, sebelah kiri sudah berjejer objek wisata : Malacca Butterfly & Reptile Sanctuary, Taman Budaya Negeri Melaka, Museum Lebah Sedunia, Taman Mini ASEAN & Taman Mini Malaysia, Zoo Melaka, dan Dataran Sejarah. Sementara di sebelah kanan : Hutan Rekreasi Ayer Keroh, Musium Orang Asli, dan Taman Buaya Melaka.
Kami hanya ke Taman Mini ASEAN & Malaysia, ke Eye On Melaka, dan Eye On Malaysia. Taman Mini ini seperti hutan yg 'ditanami' rumah-rumah adat. Rumah adat Malaysia yg terbesar di taman ini adalah rumah Serawak. Di taman ini juga ada cottage-nya. Ada jembatan gantungnya juga. Tapi sayang pas kemarin itu gak ada angin, jadi terasa panas walaupun di bawah pohon rindang.
Di sini juga ada kedai souvenirnya, sekitar 10 kedai. Barang yg dijual belum pernah saya temukan di JB. JB memang minim oleh-oleh. Kalo mo mudik pun bingung cari oleh-oleh. Gak ada sesuatu yg khas....masa mau bawa kuda kepang icon-nya Johor? Di Jawa juga banyak. Kalo ada oleh-oleh pun, pasti nguras kocek harganya.
Selesai dari Taman Mini, kami meluncur ke Eye On Malaysia. Si Mbak ternyata ngaco lagi, masa lewat jalan tikus? Alhasil kami sampai ke tempatnya. Tapi betapa kecewanya kami setelah lihat Ferris Wheel-nya kok kecil, gak seperti bayangan kami. Padahal benar letaknya, di dekat Sungai Melaka. Lebih kecewa lagi, tempatnya tutup....seperti lg perbaikan. Akhirnya kami gak jadi turun dari mobil.
Niatnya sih mau cari masjid, tapi di tengah jalan....kami melihat Ferris Wheel yg besar dan tinggi. Ternyata oh ternyata, Ferris Wheel yg tadi itu Eye On Melaka. Sedangkan yg besar ini Eye On Malaysia yg baru beberapa bulan dipindahkan dari KL.
Panas banget di sini, soalnya di dekat Sungai Melaka sekaligus tepi laut. Dari sini terlihat kapal-kapal besar, mungkin dekat dengan pelabuhan. Air wudhu di sini terasa panas.
Kami gak jadi naik Ferris Wheel karena harganya gak tanggung-tanggung, RM20.00/person. Dan mungkin naik ini bagusnya di malam hari. O iya, di sepanjang Sungai Melaka ini banyak objek wisata : Eye On Malacca, Pirate Ship, Tramboline Bungee (ketiga-tiganya ada dalam satu kawasan : Melaka River Pirate Park) , Eye On Malaysia, Menara Taming Sari.
29 April 2009
Jom Melancong !
21 January 2009
Cerita Weekend
Alhamdulillah, weekend ini bisa jalan-jalan naik mobil sendiri. Sebelum ini kan klo jalan-jalan biasanya naik bus atau teksi. O iya, ada hal yg gak lazim bagi pemilik mobil seperti kami. Kami gak tahu jalan. Tahunya ya jalan ke Bandaraya JB dan pusat perbelanjaan dengan rute angkutan umum. Untungnya kami masih punya peta, yah...walaupun petanya gak update. Lumayan lah buat pegangan.![]()
Sebelum ada mobil, saya pernah usul ke Hubby untuk beli GPS. Tapi setelah tanya Om Google, kok kantong kami belum cukup buat beli barang canggih itu. Yg second aja gak kuat, apalagi yg gress. Akhirnya saya gak berminat lagi dengan barang canggih itu.
Bagi saya, GPS bukan buat gegayaan tapi memang kami gak tahu jalan. Lha wong mobilnya itu mobil tua kok mau gegayaan pake GPS.
Tapi Hubby tetep keukeuh mau beli GPS. Dia saban hari nyatroni Lelong buat nge-bid GPS second. Yee...orang mobilnya tua, dah gak ada alarm (steering key juga baru beli) kok ya mo didandanin GPS. Nti digondhol maling lho.
Weekend kemarin kami ke Tesco Tebrau. Lewat highway Pasir Gudang cuma 10 menit dah sampai. Padahal kalo naik bus lewat bandaraya bisa satu jam perjalanan. Kami pun terkaget-kaget. O iya, ini semua berkat "GPS semi oto". Karena belum kuat beli "GPS otomatis", Hubby pun ngakalin dengan hp 3G-nya. Nginstal Google Earth. Kartu unlimited internetnya dicopot dari laptop dan pasang deh di hp.
Jreng.....jadilah "GPS semi oto". Ada fitur direction-nya, jadi tinggal ngikutin aja. Pake GPS ini mau gak mau harus bawa GPS manualnya, alias saya. Soalnya Hubby nge-blank peta. Saya yg harus mengalih-bahasakan dari bahasa grafik menjadi audio. GPS ini cerewet banget katanya. Bisa interaktif.![]()
"Enak ya pake GPS manual."
"Maksudnya?"
"Bisa marah-marah kalo sopirnya ngebut."
![]()
![]()
O iya, Hubby tuh suka ngebut walaupun belum tahu jalan. Hal ini terkondisikan dengan kebiasaan orang sini yg suka ngebut karena jalan yang lebar dan relatif sepi. Firza suka anteng di mobil, apa takut ya?![]()
Setelah Tesco, kami ke Jusco Tebrau. Whalah, cuma lompat pager doank dah sampai. Tidak seperti di Tesco yg gak pake kartu parkir, di Jusco pake kartu parkir. Ini pengalaman pertama kami parkir di sini. Kalo di Indonesia parkirnya kan per jam, dibayar di loket sebelum mobil keluar dari area parkir, tinggal ngasih kartu dan ongkos ke petugasnya. Lha kalo di sini, harus nyerahin kartu dan ongkos di loket informasi. Tarifnya flat, RM1 sehari penuh.
Kami baru tahu sistem ini pas mau keluar area parkir. Kartunya dimasukin ke boxnya, eh ditolak karena belum bayar. Lha, kami pusing. Bayarnya dimana, lha wong gak ada loketnya. Untungnya gak ada mobil di belakang kami, jadi bisa mundur sebentar. Untungnya lagi (ternyata mas Untung ini selalu ikut sama kami
), ada petugas yg lagi duduk di deket situ. Trus tanya-tanya klo mau bayar dimana. Trus ditunjukin. Akhirnya kami parkir lagi, Hubby masuk Jusco lagi bayar parkir. Maklum, orang asing mah banyak malu-maluin ya?![]()
08 December 2008
Selamat Hari Raya Idul Adha

Allahu Akbar... Allahu Akbar... Allahu Akbar...
Allahu Akbar Walillaahilhamdu...
Hari Raya Idul Adha telah tiba hari ini.
Selamat Hari Raya Idul Adha untuk semuanya...
Hari Id ini adalah hari kedua bagi saya menjalaninya di Johor Bahru, Masjid Jamek, Bandar Baru Uda, Johor Bahru, dan sekaligus hari pertama saya sekeluarga bersama putriku Firza di Malaysia.
Kami berangkat pukul 6:30 Waktu Malaysia (~5:30 WIB). Dalam suasana gelap kami berjalan mencari taksi karena tidak ada taksi yang mengarah ke rumah waktu saya telpon. Setelah kurang lebih 15 menit berjalan, akhirnya kami temukan juga taksi.
Dalam perjalanan kurang lebih 10 menit kami sampai di depan Mesjid Jamek Uda.
Suasana pun masih gerimis, sama seperti waktu kami meninggalkan rumah.
Firza tampil lucu sekali dengan jilbab merah jambunya. Alhamdulillah Firza mau pake jilbab lagi setelah disiasati setelah dipakein langsung dikasih cermin.
Firza memang lagi suka ngaca di depan cermin. Suka centil ini anak. Kadang cerminnya dicium-cium, diajak ngobrol dengan bahasa planetnya, kadang dipeluk sambil diputer-puter. Mungkin dia pikir bayangan yang ada di cermin itu adalah temannya.
Pas diturunin ke lantai masjid, Firza langsung lari-lari ngelilingin tempat sholat wanita. Dia suka dengan tempat yang luas. Istri saya sampai cape ngejarnya. Ini anak memang gak bisa diem. Kurang lebih kami menunggu dalam mesjid 2 jam, sampai tiba saatnya sholat id dimulai, dilanjutkan dengan khutbah idul adha.
Istri saya tidak bisa sholat karena pas sholat mau dimulai, eh Firza malah minta mimik ( baca : nenen )....trus tidur deh. Setelah khutbah selesai, ada seorang wanita yang ngasih uang ( baca : angpau ), padahal Firzanya masih tidur. Alhamdulillah. Sepertinya wanita itu ngasih angpau ke semua bayi yang diajak sholat id. Heran, kenal juga gak, tahu-tahu ngasih angpau dengan juamlah yang kurang lazim untuk ukuran bayi seperti Firza. Baru kali ini ngerasain lebaran Idul Adha ada angpau.

Sehabisnya, saya tunggu istri dan anak di area perempuan. Muncul dalam pikiran suatu pertanyaan "Kenapa lama sekali keluarnya ya...???". Akhirnya SMS-pun tiba...
Firza tertidur pulas, sehingga istriku susah beres2nya.
Langsung aja saya menerobos masuk untuk mengambil alih Firza, dan Firza-pun terbangun.
Suasana di luar masjid masih juga hujan, tetapi hujan lebat sekarang.
Setelah pikir2, kami memutuskan untuk keluar dari masjid untuk mencari makan dan minum alakadarnya untuk buka puasa. Selepas itu, kami menunggu taksi untuk kemudian pergi ke Plaza Angsana selama hampir 1 jam.
Sesampainya di Angsana, suasana di dalamnya masih kosong. Firza pun sudah bosan digendong-gendong terus. Akhirnya kami lepaskan supaya bisa bermain. Firza senang sekali berlari2 kesana kemari sambil teriak2. Kami mencari warung yang buka, ternyata belum pada buka walaupun jam sudah menunjukkan pukul 10:00. Setelah beberapa menit, satu warung pun buka dan kita awali sarapan pagi dengan Soto dan Air Jeruk panas... Mmmmm.....
Kami berkeliling-keliling sehabis makan, karena hujan belum juga reda. Rencana kami pulang naik bis kota sehabis hujan reda, biar hemat gitu. Waktu menunggu kami gunakan untuk melihat2 toko buku, dan juga menukar handphone yang baru kami beli, karena angka-angkanya dalam keadaan 'aneh', gak ada tombol nomor 8-nya.
Firza-pun memanfaatkan kesempatan ini untuk bermain-main. Malahan dia belajar naik tangga sendirian, sambil pegangan ke besi pegangan tangga. Saya hanya memantaunya dari belakang. Waaah... putriku sudah pintar sekarang, sudah bisa naik tangga sendiri. Kuperhatikan dengan tekunnya Firza naik tangga sampai ke lantai atasnya (Lantai 1 ke Lantai 2). Anak tangganya kurang lebih ada 20-an.
Kami lihat keadaan di luar, hujan lebat masih belum reda juga. Akhirnya kami memutuskan untuk naik taksi lagi, sebab jam sudah menunjukkan pukul 1-an.

Alhamdulillah kami sampai juga di rumah pukul 1:30 siang.
Rencana pergi ke pasar pun ditunda, mungkin sore ini atau esok siang.
Senangnya Ber-Hari Raya bersama keluarga...
NuRiN
07 October 2008
Mudik Oh Mudik...
Hmm....akhirnya mudik juga. Malam ini berangkat dari stasiun keretapi JB jam 23. Berangkat dari rumah jam 21.30. Hari-hari sebelumnya ngebayangin kalo naik kereta api itu gak enak, apalagi bawaannya banyak. Seandainya waktu itu jadi beli tiket buat seat tidur ( bukan seat duduk biasa ), pasti nyaman.... Eh, ternyata gak begitu. Alhamdulillah kami dapet tempat duduk paling depan, jadi space-nya besar, muat 2 koper ( 22 inchi ), 1 stroller, 1 baby bag, menghadap depan, ada mejanya dan bisa selonjoran. Uenake.... 

Firza seneng, jerit-jeritan sambil mukul-mukul jendela kaca, dia memang lagi suka ngaca. Tidurnya cuma sebentar. Sampai di Sentral KL baru jam 7-an. Sentral sudah agak ramai, hari ini mmg hari kerja.
Tujuan pertama ke toilet trus nyuapin Firza sambil nunggu Hubby nitipin koper. Hubby ngajak ke KLLC. Sebenarnya saya gak mau, soalnya MRT-nya penuh bgt, kasihan Firza nti kejepit-jepit. Akhirnya nunggu beberapa MRT lewat.
Sampai Suria KLLC, sudah ramai orang lalu lalang. Ganti baju Firza sebentar, trus posing-posing di bawah menara Petronas. Setelah cape, masuk lagi...lihat Petro Science ( bener gak ya nulisnya?
). Cuma lihat dari luarnya, gak masuk sih. 


Ternyata kami mudik bareng TKI. Aduuh.... Sebenarnya males klo mudik bareng TKI, soalnya biasanya mereka rombongan, bawaannya juga gak tanggung-tanggung ( kayak mo pindah rumah, ato lebih tepatnya bedol desa ). Yg kayak gini nih yg bikin panjang antrean. Belum lagi kalo mereka ini ternyata yg baru pertama kali mudik, clinguk sana...clinguk sini, tanya sana, tanya sini, waduh....bikin tambah lama.

Untungnya TKI-TKI yg ini ada 'guide' nya, mungkin mereka dari Penyalur TKI. Jadi gak terlalu ribet dan lama. Tapi tetep....ngantri lama. Inilah yg namanya mudik....

Seharusnya penumpang yg bawa bayi masuk ke pesawat setelah penumpang ekspres masuk. Tapi karena tadi ngantri di counter check in lama, jadilah kami golongan terakhir penumpang yang masuk pesawat. Dapet seat pisah sama Hubby.

Di pesawat Firza gak mau diem, maunya turun trus jalan. Kadang ketawa-ketawa karena digodain penumpang lain. Pas mimik aja kakinya kemana-mana.

03 September 2008
Liburan Di Yong Peng
Alhamdulillah ada libur 4 hari di akhir Ags sampai awal Sept, libur hari kemerdekaan Malaysia & libur awal Ramadhan. Bingung juga mau ngapain. Sebenarnya ada agenda, mau hunting speaker. Suami ngebet banget mau hunting speaker di Landmark.
Tapi niat itu luruh saat bosnya ( Bang Halim ) nawarin liburan di kampung ortunya, tepatnya di Yong Peng - Batu Pahat. Sudah terbayang mau jalan-jalan di Yong Peng. Tapi saya khawatir dengan Firza, takut ngerepotin keluarganya. 'Niat gak jadi ikut' itupun disampaikan, tapi Sang Bos tetep ngajakin. Daripada gak enak hati, akhirnya ikut juga.
Firza seneng banget dapet temen main. Di mobil suka digodain sama Hazim, anak sulung Bang Halim - Kak Ana. Hazim yang baru 3 tahun masih belum bisa ngucapin 'R', kalo manggil Firza jadi 'Pizza', kadang diplesetin jadi 'Pizza Hut'. Rame bgt di mobil.
Wah, di Batu Pahat ternyata banyak bangunan tua. Di sana ada toko perlengkapan bayi yang murah. Tokonya sih gak besar-besar amat, tapi harganya beda banget sm di Johor Bahru. Baby Bites kesukaan Firza harganya selisih RM1.2, lumayan juga kan? Alhamdulillah ketemu spout yg selama ini dicari, dari silicon lagi....lebih bagus. Selama ini cari spout di UO gak ada. Kak Ana borong susu, mungkin ada 4 kg. Katanya, ini rutinitas klo pulang ke Batu Pahat, borong susu & diapers.
Malam harinya kami jalan ke dataran, semacam alun-alun, lihat pertunjukan menjelang hari kemerdekaan. Rame banget, banyak jajanan, banyak show. Tapi kembang apinya tengah malam. Tapi kami gak lihat, sudah ngantuk.
Sebelum pulang, mampir ke supermarket yg katanya mau tutup, jadi ada diskon sampai 80%. Lumayan juga harganya agak murah. Saya hanya beli baju untuk Firza & koper. Koper 22" harganya cuma RM.30. Lumayan buat mudik ke Indonesia.
Hari kedua jalan-jalan ke Ayer Hitam, pusat kerajinan tangan. Banyak souvenir nikah. Ada juga bantal & boneka yang dijual mulai dari toko sampai kaki lima. Murah-murah, apalagi kalo bisa nawar. Tapi Firza kurang suka boneka, jadi ya gak beli, cuci mata aja.
Malam harinya kami ke Batu Pahat Mall. Hazim mau beli mainan. Di sini juga lagi diskon gedhe-gedhean. Tapi kami gak beli apa-apa. Baju anak-anak juga lagi diskon.
Hari ketiga, kami gak kemana-mana. Ini kan hari pertama puasa, santai aja di rumah. Malam hari setelah buka, kami pulang kota, ke JB.
28 April 2008
Baby Care Festival Di S'pore
BCF 21-23 Maret 2008
Awalnya, niat datang ke S'pore cuma buat perpanjang masa aktif sim card IM3 saja. Tapi pas nonton TV, ada iklan tentang BCF ini. Langsung deh searching di internet. Alhamdulillah, harinya pas sama dengan rencana kami.
Ini adalah kali pertama kami ke S'pore Expo Hall dan kali kedua Firza jalan-jalan di S'pore. Gede juga ya gedungnya ?

Pas masuk ke BCF, langsung dapat goody bag yang isinya produk-produk sponsor dan brosur-brosurnya. Stand pertama yang kami kunjungi adalah Wyeth, yang sedang gencar-gencarnya kampanye waspada Pneumococcal. Ngisi angket, dapat goody bag.

Pas muter-muter, ternyata sedang ada lomba merangkak. Sayangnya Firza belum bisa merangkak & belum cukup umur. Ga bisa ikut deh. Di sana juga banyak mainan, tapi bukan untuk seumuran Firza. Ada juga testing bubur bayi dari Nestle. Tapi Firza belum boleh makan. Belum 6 bulan. Kurang 2 minggu lagi.

Ya udah lah, daripada mupeng, keluar aja . Eh, ternyata di hall sebelah ada pameran kebutuhan rumah, seperti furnitur dan mobil. Kayaknya, yang ini ga cocok kami kunjungi....lewat.....
Hall sebelahnya lagi ada pameran produk halal. Masuk ke sini aja. Wah hall-nya disulap jadi food court. Rame pengunjungnya. Banyak tester-nya juga. Walah, malah ada stand Wedding Organizer segala di hall ini.

Ternyata masih ada 1 pameran lagi. Di hall sebelah ada book fair. Lumayan murah harganya. Firza beli mainan Tangram. Sebenarnya bukan untuk seumurannya, tapi buat disimpen dulu. Nti kalo sudah masuk umurnya, bisa-bisa ga nemuin mainan semacam ini lagi.
















