08 March 2010

Bisa Karena Terbiasa

Mungkin orang akan mengira sy adalah ibu yg aneh, gak peduli, atau bahkan gak sayang anak. Tapi justru karena sangat sayang sama anak, saya.....melakukan hal begitu. Lha.....bingung tho apa maksud saya? Gini.....

Suatu saat saya nungguin Firza yg super duper aktif, main di rumah orang tua saya. Firza seneng kalo main di tempat yg luas. Gak ada mainan, gordyn pun jadi mainan yg mengasyikan. Lari ke sana kemari narik2 gordyn sambil ketawa terbahak2 sendiri....apalagi kalo diperhatikan sama orang, tambah ngakak. Lha wong di apartemen yg mungil aja suka lari2 & gordynnya sering jatuh karena ditarik2 buat main Ci Luk Ba......apalagi di tempat yg lebih luas......wis, gak bisa diem.

Saking senengnya, dia lari kencang dan.....jatuh. Ibu saya yg melihat, langsung teriak kaget & nyuruh saya utk nolong Firza. Lebih tepatnya, gendong. Tapi saya ngliat Firza sambil senyum. Firza pun ngliat ke arah saya, seperti mencari reaksi. Dan akhirnya.....dia senyum, bangkit & ketawa lagi. Ibu saya heran, lha wong jatuh kok ketawa.

Ya, begitulah salah satu saya & hubby mendidik Firza. Dari bayi dia sering jatuh. Dari stroler, dari tempat tidur, jatuh karena lari, kepleset dll. Pada awalnya saya takut kenapa2. Tapi saya belajar dari artikel & pengalaman. Trial & error. Kalo Firza jatuh & saya menunjukkan wajah marah atau takut atau teriak atau kaget, maka Firza akan nangis. Gak tanggung2, kenceng nangisnya & lama. Tapi kalo saya menunjukkan wajah senyum, maka dia tidak akan nangis.....walaupun lebam & keras jatuhnya. Minimal dia bilang, "Jatuh, jatuh....." trus bangun lagi. Maksimal dia akan meringis & bilang, "Sakit, sakit....." sambil nunjukin bagian yg sakit. Dan obatnya, ditiup 2x di bagian yg sakit sambil dielus2.

Beruntung saya tinggal di apartemen yg pakai porselen, di area basah sekalipun. Jadi kalo Firza jatuh, gak sampai lecet. Di porselen juga Firza sering kepleset. Tapi karena terbiasa, sekarang dia sudah tahu lantai yg bagaimana yg bisa bikin jatuh. Dan dia bisa jalan di atas lantai basah dengan tidak jatuh. Bahkan sudah bisa ikut ngepel lantai tanpa jatuh.

Karena sering jatuh itu pula, Firza tahu bagaimana agar tidak jatuh. Kalopun sudah terlanjur jatuh, dia tahu bagaimana cara jatuh yg benar....yg meminimalisir rasa sakit. Jadi, kalopun memar....ya cuma kakinya....Wajah & tangan masih selamat dari memar.

Reaksi kaget ternyata ditunjukan pula oleh Mama (mertua) ketika lihat Firza jatuh. Jatuhnya keras. Firza gak nangis...lha wong dia tahu, jatuh karena kesandung sepeda yg dia letakkan sembarang (dia tahu dia salah) & tahu jatuh yg gak sakit itu gimana.

Yah, kadang anak itu tergantung dari reaksi orang tuanya. Kalo menunjukkan reaksi marah, anak akan takut & nangis kenceng. Bukannya ngasih solusi malah nambah masalah.

Artikel Yang Berhubungan




Eits....jangan ditutup dulu, jangan lupa tinggalkan komentar Anda.

0 comments: