06 August 2009

Aku & Kista (bag 1)

Sebenarnya saya ketahuan punya kista pas hamil pertama. Saya tidak tahu kapan kista itu ada di perut saya. Yg saya tahu, setiap mau datang bulan, badan saya pegal, perut agak sakit....layaknya PMS biasa. Dan setelah darah kental keluar pada hari pertama, rasa sakit itu hilang. Biasanya saya pijat refleksi sendiri di urat rahim untuk mengurangi rasa sakitnya. Saya kira semua ini terjadi karena saya kecapean. Tapi saya tak tahu pasti.

Waktu itu dokter kandungan langsung yakin kalo saya punya kista di ovarium kanan. Saya langsung kaget dengar hal itu, walaupun saya gak tahu pasti apa kista itu. Yg saya tahu cuma semacam tumor. Pernah denger sih, tapi gak ngeh.

Ketakutan saya bertambah ketika saya khawatir halus kehilangan janin. Alhamdulillah saya mendapatkan dokter yg sangat baik & keibuan ini. Beliau menenangkan saya dan berkata kalo kista bisa mengecil ato tidak berkembang kalo janin menyerap sari makanan dari tubuh saya dengan baik. Saya lega. Setiap hari saya bicara pada janin saya, " Dek, kamu harus kuat ya. Ayo jangan kalah rebutan makanan sama kista."

Pada saat kehamilan memasuki bulan kelima, perut saya sakit banget. Saya rasa itu karena kistanya terpelintir. Memang, malam sebelumnya saya baru datang dari Bandung naik travel, sendiri tanpa suami. Suami saya langsung nyusul saya ke Jogja dari Johor. Dokter pernah bilang, saya gak boleh kecapekan supaya kistanya gak kepuntir. klo kepuntir bisa sakit banget. Tapi saya lupa dengan nasihat itu.


Walaupun kista juga mengalami pembesaran, janin saya lebih cepat besar daripada kista itu. Alhamdulillah. Dan pada saat melahirkan, kistanya sudah 6 cm. Saat itu kistanya memang bisa diangkat kalo saya caesar. Tapi dari awal saya mau melahirkan normal. Dan dokter setuju dengan itu. Alhamdulillah, kista itu tidak pecah saat saya mengejan. Dokter juga tidak menyarankan pengangkatan kista karena beliau masih berharap kista itu bisa mengecil.

Sebulan setelah melahirkan, saya dianjurkan Papah untuk berobat dengan tenaga dalam kepada seorang 'terapist' (saya lupa namanya), yg kebetulan teman papah. Seminggu saya datang 2x selama 1,5 bulan. Alhamdulillah wasir saya sembuh. Dan kista saya mengecil. Cairan kistanya keluar melalui kemaluan. Kata terapistnya, selaputnya bisa lepas dari ovarium, tapi harus telaten & perlu banyak waktu. Padahal saya harus balik ke JB lagi. Akhirnya terapi gak tuntas. Dokter hanya menyarankan cek setiap 6 bulan atau kalo lagi sakit.

Artikel Yang Berhubungan




Eits....jangan ditutup dulu, jangan lupa tinggalkan komentar Anda.

0 comments: