11 August 2009

Operasi Apa Enggak Ya? - Aku & Kista (bag 3)

Sebenarnya saya tahu kalo saya memang harus operasi. Mengingat besarnya perut saya. Dan sebenarnya pula saya takut operasi. Orang bilang sih operasi kista itu operasi ringan, tapi kan kistanya masih di bawah 10 cm, yg bisa pake teknik Laparoskopi....operasi yg hanya melubangi permukaan kulit sebanyak 3 lubang masing2 sepanjang kurleb 1 cm utk memasukkan pisau bedah, kamera & alat penyedot. Jadi lukanya lebih cepat sembuh, paling 3 hari dah kering.

Saya cari hari libur panjang. Dan kami memutuskan setelah lebaran saja. Tapi masih 4 bulan lagi menuju ke sana. Ada kemungkinan perut saya nambah besar. Mungkin hubby tahu kekhawatiran saya ini. Dia nyari-nyari pengobatan alternatif di internet. Macem2 pun dapet, dari yg realistik sampai yg mistik pun ada. Yg jelas, pengobatan alternatif ini perlu waktu lama. Gak seradikal operasi.

Awalnya saya dibeliin kapsul mahkota dewa. Saya menolak mentah2 karena saya gak doyan kapsul. Trus hubby beli jus manggis. Wuih....harganya gak tanggung2, RM130 untuk 750 ml. Di dalamnya ada jus manggis, apel, pir, anggur, cherry, strawberry, blueberry, raspberry, cranberry (buah yg pake akhiran berry-berry lah....kecuali blackberry, itu kan smart phone).

Satu botol kurleb untuk 2-3 minggu. Belinya di agen (semacam MLM). Bahkan sempat ikut presentasinya yg menghadirkan foundernya dari AS. Di Indonesia juga ada jus manggis dengan merk ini, tapi lebih banyak merk lain dengan kemasan botol lebih kecil.

Waduh, tekor juga minum jus ini. Maka saya barengi dengan makan buah manggis. Coba bikin jus sendiri, kulit dalamnya diikutkan (katanya kulit dalamnya ini lebih banyak khasiatnya)....walah....gak enak betul. Kapok saya. Coba beli jus manggis lokal yang harganya jauh lebih murah....weleh2 rasanya aneh, encer pula.

Alternatif kedua, terapi air putih. Kalo air putih sih saya ok-ok saja. Dan memang sehari minimal 1,5-2 L kan? Saya disuruh menyediakan 1,5 L air putih di dalam botol ditaruh di atas meja makan setiap hari. Terapistnya akan mengirimkan energi ke botol ini. Tapi setelah lihat webnya kok saya jadi ragu. Masalahnya ada keris-keris segala. Jangan-jangan ini dukun.

Saya semakin yakin kalo ini dukun pas terapist ini bilang kalo saya 'ada yg ngikutin', ada energi negatifnya. Untuk menghilangkannya, terapist harus ngadain 'upacara', nah ini butuh 'bahan2' yg harus dibeli dari luar kota. Nah, belinya harus malam itu karena beliau ini mau ke sana malam itu. Dan untuk belinya butuh duit. Kalo dari sini....saya ngiranya orang ini mau minta duit buat ngadain 'upacaranya' itu. Saya mengartikan 'bahan2' itu sebagai sesaji. Kalo gini sih, saya jadi ikutan musyrik. Waduh, dosa saya masih banyak....jangan ngajak saya ikut nambah dosa dong, saya cuma pengen sembuh.

Alhamdulillah saya masih ditolong Allah terhindar dari kemusyrikan. Alhamdulillah, rekening saya tidak mencukupi untuk transfer ke terapist itu, bahkan malam itu saudara maupun teman yg punya rekening yg dimaksud (yg saya minta tolong untuk ditalangin transfernya) tidak bisa mentransfer malam itu juga karena mereka sibuk bahkan ada yg jauh dari ATM. Alhamdulillah saya ga jadi transfer.

Suatu hari saya nelpon ibu saya, saya bilang saya disuruh operasi. Eh, ibu malah nyuruh cepet2 pulang sama Firza. Saya bilang, nti aja kalo lebaran, mau nabung dulu. Ibu malah bilang, soal uang ga usah dipikirin, yg penting sembuh...."Ayo cepet pulang, biar cepet sembuh!".

Ibu nanya2 ke tetangga yg berprofesi sbg dokter kandungan, nanya2 ke teman2nya, nanya2 ke rumah sakit. Bahkan sampai booking dokter utk periksa awal. Intinya, saya tinggal pulang bawa badan & di Jogja tinggal dieksekusi....

Sebenarnya bukan biaya saja yg saya pikirkan, tapi lebih ke Firza. Firza belum 2 tahun. Belum bebas dari diapers, masih netek, belum bisa makan sendiri dengan rapi, pokoknya masih nempel sama saya. Saat itu dia masih ditatur, belum bisa bilang "pipis". Dan memang ngomongnya juga belum jelas. Setiap mau tidur harus netek. Kalo makan pegang sendok sendiri, ujung2nya buat mainan.

Saya tidak bisa membayangkan kalo saya nanti terbaring di kasur RS, Firza pasti rewel....apalagi sama orang yg belum dia kenal, kecuali sama teman sebayanya. Satu lagi, saya ga tega lihat ibu saya nyebokin Firza habis pup. Sampai saat ini saja suami saya baru 2x nyebokin Firza habis pup. Itupun saat Firza belum 6 bulan. Siapa yg tega?

Artikel Yang Berhubungan




Eits....jangan ditutup dulu, jangan lupa tinggalkan komentar Anda.

0 comments: