14 October 2009

Persiapan Operasi - Aku & Kista (bag 7)

Jum'at, 3 Juli 2009
Jam 2an pagi dah dipanggil2 ibu, disuruh sahur. Ditemenin suami. Habis sahur, gak bisa tidur lagi....stres, mikirin operasi. Berusaha tenang biar Firza gak rewel. Klo rewel, nti jadi heboh semua. Nangisnya kenceng, sambil njerit sih....tapi obatnya cuma satu, netek....dikasih tetek, langsung diem. Firza masih diare, batuk jg belum reda. Kasihan.

Berangkat ke RS jam 6an. Masuk UGD utk konfirmasi, trus disuruh masuk kamar. Dikasih makan pagi, tapi saya kan gak boleh makan. Akhirnya dimakan hubby & Firza. Firza mandi pagi di RS. O iya, sepeda baru Firza juga dibawa ke RS bersama mainan2 Firza. Dah mirip pindah rumah deh.

Lama banget nunggu perawat. Katanya mo diperiksa dulu. Saking lamanya jadi bikin stres. Saking stresnya, saya sampai mules2, tapi gak keluar2 pupnya. Alhasil, saya dikasih Microlax biar pup, itu juga syarat mo operasi....harus pup dulu.

Jam 10an, perawat memeriksa saya. Sebelumnya saya dicukur dulu. Firza rewel, takut lihat perawat yg banyak itu mengerumuni saya. Akhirnya saya disuruh menyusui dulu & ditinggal perawat2nya. Saya juga disuruh minum obat penenang.

12.30 WIB, perawat memasang infus, kateter & masukin obat2 ke dalam selang infus. Semakin tegang saja saya. Alhamdulillah hubby dah selesai sholat Jum'at jam 1an. Bapak pun izin kerja, nunggu proses operasi saya.

13.45 WIB, saya didorong masuk kamar operasi, tepatnya bagian dalam ruang UGD. Firza dah mulai rungsing saat saya masuk ruang operasi. Hubby pun agak cemas. Cincin & kacamata disuruh lepas. Baru kali ini saya masuk ruang operasi. Saat masuk itu, saya melihat dokter Heru sudah siap dengan pakaian operasi hijaunya, lengkap....duduk di dekat pintu.

Yg saya lihat, asisten2nya (dokter) sedang menyiapkan peralatan. saya dipindah ke meja bedah. Didorong tepat di bawah lampu bulat besar & terang. Mungkin itu lampu operasi. Tangan saya dibentangkan. Saya jadi inget, praktikum biologi kelas 2 SMP. Pak Harsono gurunya. Waktu itu sering mbedah burung, ikan, kodok bahkan kadal. Hewan2 tak berdaya itu di geletakkan di atas nampan lilin, trus dibelek2 utk melihat bagian dalam tubuhnya, terutama organ pencernaannya. Ya, seperti hewan2 itulah saya saat itu. Tergeletak tak berdaya.

Asisten2 itu tahu kalo saya gelisah. Dua asisten menyuntikkan cairan bius di tulang belakang saya. Mereka ngajak ngobrol ngalor ngidul. Saat buka baju bedah saya, ada yg bilang "Ho...gede...kok diembhu tho Mbak?" saya cuma bisa nyengir. Saya ditanya2 tinggal dimana, di M'sia ikut siapa, hubby kerja dimana. Walah...ini mah pertanyaan ngetes apa saya masih cemas apa gak. Bagian perut ke bawah sudah terasa kebas setelah disuntik.

Saya dipasangi selang oksigen. Lha saya kok malah jadi mau muntah, maklum....baru kali ini saya digituin. Setelah itu, seorang asisten datang & bilang...."Mbak, ngrasain narkoba dulu ya..." sambil nyuntikin cairan di selang infus saya. Saya baru ngeh kalo saya dibius. Lambat laun saya sudah tidak ingat apa2....tidur deh.

Artikel Yang Berhubungan




Eits....jangan ditutup dulu, jangan lupa tinggalkan komentar Anda.

0 comments: